Kamis, 15 Mei 2014

Mengurangi Rasa Cemas Saat akan Ujian

Mengurangi Rasa Cemas Saat Akan Ujian

Girls, sebentar lagi kita akan menghadapi UAS. Beberapa dari kita mungkin mengalami kecemasan dan ketegangan menghadapinya. Biasanya hal itu disebabkan oleh perasaan takut gagal. Bila kita terlalu cemas, hal itu akan mengganggu konsentrasi belajar dan mengganggu saat akan mengerjakan soal ujian.
Nah, untuk mengurangi rasa cemas saat ujian, kita bisa melakukan beberapa hal berikut:


Relaksasi
Yuk, tenangkan pikiran dengan membayangkan sesuatu yang nyaman. Bayangkanlah diri kita berada di tempat yang indah dan kita sukai. Fokuskan perhatian pada satu hal yang indah tadi dan lakukanlah berulang kali dalam posisi berbaring atau duduk dengan mata terpejam. Lakukan hingga kita merasa lebih nyaman dan pikiran segar.


Temukan penyebab kecemasan
Apa sih yang menjadi penyebab kecemasan kita? Misalnya kita takut tidak bisa mengerjakan soal IPA dengan baik. Cobalah diskusikan hal tersebut dengan teman yang lebih menguasai, dengan guru, atau orangtua kita tentang cara menjawab soal-soal IPA yang belum kita pahami.


Istirahat yang cukup
Usahakanlah tidur dengan pikiran yang tenang. Sebelum tidur, berdoa dulu memohon pertolongan pada Tuhan untuk dimudahkan dalam segala urusan. 


Jaga kesehatan 
Tetap sehat saat ujian adalah hal yang sangat penting karena saat berpikir, kita menghabiskan energi yang banyak. Oleh karena itu, kita harus makan makanan yang bergizi, mengonsumsi vitamin dan suplemen agar badan tetap prima.


Persiapan belajar yang baik
Yang paling membuat kita tenang dan tidak cemas saat akan ujian adalah bila kita telah belajar dengan baik. Ada banyak cara dan gaya belajar . Kita harus mengenali gaya belajar yang cocok dan efektif untuk dilakukan. Sst, posisi duduk  juga menentukan kenyamanan dalam belajar, lho!  Kita juga bisa belajar kelompok bila dirasa perlu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Join This Site